Cara Meningkatkan Kualitas Sperma

Ada berbagai faktor yang menyebabkan seseorang sulit hamil, salah satunya adalah kualitas sperma suami yang kurang subur. Faktor gaya hidup menjadi penyebab menurunnya kualitas sperma. Gaya hidup seperti malas bergerak atau merokok merupakan beberapa penyebab kurang suburnya sperma. Selain itu, ada faktor lain seperti kekurangan nutrisi, antioksidan, asam folat, zinc, dan selenium.

Agar sperma tetap berkualitas, hal penting seperti meminimalisir stres, rutin berolahraga ringan, menghindari makanan cepat saji, dan menghindari kebiasaan merokok.

Berikut ini cara meningkatkan kualitas sperma (sumber: health.kompas.com)

1. Mengonsumsi kalsium dari sayuran
Sayuran seperti brokoli dan kubus baik dikonsumsi untuk meningkatkan kualitas sperma. Kedua sayuran ini bermanfaat untuk memperbaiki kualitas sperma, membersihkan racun dari dalam tubuh, dan membersihkan hati.

2. Latihan fisik
Melakukan latihan fisik bermanfaat untuk meningkatkan peredaran darah, termasuk darah yang menuju ke penis. Dengan aliran darah yang lancar, pasokan oksigen pun bertambah dan menambah nutrisi ke spermatozoa. Akan tetapi, melakukan latihan fisik juga bisa menyebabkan dampak buruk pada sperma. Tentu yang berlebihan tidak baik. Cukup 45 menit per latihan per hari dan 5 kali dalam seminggu.

3. Minum kopi
Mengonsumsi kopi juga bermanfaat untuk meningkatkan pergerakan dan kualitas sperma. Akan tetapi, sebaiknya kopi tidak dikonsumsi terlalu banyak, cukup 1 – 2 gelas per hari.

4. Mengonsumsi omega 3
Sperma mengandung lemak dan protein, sehingga kandungan asam lemak sangat menentukan kulalitas sperma. Asam lemak omega 3 bisa didapat dari mengonsumsi ikan laut dalam, seperti ikan tuna dan ikan salmon. Selain itu, asam lemak omega 3 juga bisa diperoleh dari sumber nabati seperti minyak zaitun. Asam lemak esensial bagus untuk sperma. Hal ini karena asam lemak ini tak gampang rusak oleh radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

5. Menghindari plastik untuk makanan
Menggunakan plastik sebagai tempat makan atau minum tidak baik untuk kesehatan. Hal ini karena bahan kimia yang ada di plastik dapat tercampur ke dalam minuman atau makanan. Apabila bahan kimia ini dikonsumsi, hal ini berdampak negatif pada sperma. Untuk meningkatkan kualitas sperma, disarankan mengganti penggunaan plastik penutup makanan atau botol plastik dengan wadah yang dibuat dari logam.

6. Cukup asupan mineral
Studi menunjukkan bahwa asam folat, selenium, zinc, dan vitamin C dapat meningkatkan jumlah dan kualitas sperma. Mineral zinc bisa didapat dari mengonsumsi bayam dan labu.

7. Menghindari kacang kedelai
Mengonsumsi kedelai terlalu banyak ternyata tidak baik untuk kualitas sperma. Hal ini karena pada kedelai terdapat efek estrogenik (mirip hormon wanita), sehingga dapat menurunkan produksi sperma dan kesuburan pria.

8. Mencukupi kebutuhan protein
Protein merupakan zat yang penting untuk kualitas sperma. Protein bukan hanya bisa didapat dari makanan berbahan dasar kedelai saja, tetapi juga bisa dari telur, ikan, daging kambing, dan daging ayam. Selain itu, protein juga bisa diperoleh dari sumber nabati seperti biji labu, kacang mete, dan kacang kenari.

9. Menghindari kebiasaan memangku laptop
Panas dari laptop yang berada di dekat skrotum dapat merusak sperma. Hal ini menyebabkan sperma tak dapat bergerak dan menyebabkan DNA rusak karena terkena panas yang berasal dari laptop. Untuk menggunakan laptop, sebaiknya jangan dipangku.

10. Mengonsumsi makanan berwarna merah
Likopen merupakan antioksidan yang baik untuk sperma dan pergerakan sperma. Likopen terdapat dalam makanan berwarna merah seperti stroberi, apel merah, cherry, dan tomat.

Itulah 10 cara meningkatkan kualitas sperma. Silakan coba dipahami baik-baik, penting bagi yang ingin meningkatkan kesuburan sperma agar program hamil (promil) dengan istri berhasil.

Begini cara tahan lama berhubungan

Baru 5 menit udah keluar? Coba pakai cara ini!

Ternyata ini rahasia tahan lama berjam-jam


😡
☹️
😐
☺️
😍
Chat Whatsapp