Obat Pelancar ASI di Apotik

Obat pelancar ASI apakah dijual di apotik? Jawabannya iya. Banyak merk produk pelancar ASI yang bisa dibeli di apotik. Entah itu apotik K24, Kimia Farma, Century, maupun apotik-apotik umum. Mulai dari yang dibuat dari bahan herbal, maupun dengan campuran bahan kimia tertentu.

Obat pelancar ASI atau lebih tepat dikatakan suplemen pelancar ASI merupakan suatu suplemen yang mengandung bahan-bahan tertentu yang berguna untuk membantu meningkatkan produksi ASI. Suplemen tersebut umumnya mengandung asam folat. Selain itu, ada juga suplemen pelancar ASI yang mengandung bahan alami yang secara tradisional digunakan untuk melancarkan ASI, seperti daun katuk dan fenugreek.

Salah satu masalah ibu menyusui adalah produksi ASI yang kurang lancar. Ada yang mengalami ASI belum juga keluar setelah melahirkan bayi. Padahal ini adalah hal wajar. Jika sehabis melahirkan, kemudian ASI belum keluar, sebenarnya ini wajar terjadi. Tapi, jika sudah beberapa hari, ASI masih keluar sedikit-seikit, belum lancar, ini bisa bikin bingung. Apalagi si bayi rewel terus. Banyak ibu yang akhirnya memberikan susu formula sebagai pengganti ASI. Namun, ASI-lah tetap yang terbaik. Lalu bagaimana jika ASI tak lancar?

Ada banyak faktor yang menyebabkan ASI tidak lancar, salah satunya adalah faktor gizi. Untuk membantu melancarkan ASI, kini sudah banyak obat pelancar ASI yang dijual di apotik. Meski tak harus mengonsumsi suplemen semacam ini, suplemen diperlukan bila kebutuhan makanan sehari-hari yang bermanfaat untuk produksi masih belum mencukupi.

Obat Pelancar ASI di Apotik
Berikut ini beberpa merk produk suplemen untuk membantu melancarkan ASI yang dijual di apotik.

1. Herbalacta
Herbalacta adalah suplemen pelancar ASI yangd dibuat dari herbal seperti chasteberry dan legundi. Aturan pakainya 3 x sehari, dengan sekali minum 1-3 tablet. Suplemen ini merupakan produksi dari Phyto Kemo Agung.

2. Moloco B12
Moloco+B12 adalah suplemen untuk membantu melancarkan ASI yang mengandung ekstrak plasenta. Karena kandungan bahan inilah, Moloco sempat menuai kontroversi. Bahkan ada yang menduga kalau plasenta yang digunakan adalah plasenta bayi manusia. Namun, sudah diklarifikasi oleh pihak Darya Varia bahwa plasenta yang digunakan adalah plasenta sapi.

Moloco adalah obat resep dokter, sehingga untuk membelinya / menebusnya di apotik harus dengan resep dokter. Moloco berisi 10 tablet dalam satu bungkusnya. Indikasi Moloco yaitu untuk wanita dengan kondisi hipogalaktia, baik primer maupun sekunder. Hipogalaktia adalah kondisi di mana produksi ASI kuraang.

Dengan kandungannya yang berupa ekstrak plasenta sapi, bagi umat Islam tentu harus berhati-hati. Memang ada perbedaan pendapat tentang boleh tidaknya mengonsumsi plasenta sapi. Jika Anda ragu, sebaiknya pilih suplemen lain.

Karena termasuk obat dengan resep dokter (bukan berarti yang bikin dokter, cuma kalau mau membelinya harus ada resep dokter), mungkin obat inilah yang disarankan dokter / konsultan laktasi. Jika Anda diresepkan obat itu, namun tidak mau karena pertimbangan tadi, setidaknya minta obat yang lain saja.

3. Milmor
Selain Moloco B12, obat lain yang mengandung ekstrak plasenta yaitu Milmor. Selain ekstrak plasenta, obat ini juga mengandung vitamin B12 dan Ca phospate tribaasic. Milmor dijual dengan harga Rp30 ribuan per strip. Obat ini diproduksi oleh Pharos.

4. Lactamor
Lactamor mengandung beberapa bahan alami yang secara tradisional dimanfaatkan sebagai pelancar ASI seperti ekstrak daun katuk dan ekstrak fenugreek. Selain itu, suplemen ini juga mengandung vitamin B12. Untuk penderita diabetes, sebaiknya tidak mengonsumsi Lactamor. Selain itu, suplemen ini sebaiknya tidak diberikan pada penderita asma, hipertensi, hipoglikemia, dan migrain.

Adapun efek samping Lactamor yaitu urin dan keringat bau dengan bau khas. Selain itu, Lactamor juga dapat menyebabkan feses lunak, baik pada busui maupun bayinya. Di samping itu, dianjurkan untuk mengonsumsi Lactamor sesuai dosis, yaitu 3x sehari 1 sampai 2 tablet. Mengonsumsi Lactamor melebihi dosis dapat menyebabkan timbulnya mual.

5. Folamil Genio
Folamil Genio adalah produk untuk membantu melancarkan ASI untuk bumil dan busui, dan wanita yang sedang dalam masa nifas. Produk ini mengandung DHA, asam folat, vitamin, dan mineral. Dengan kandungan DHA-nya, produk ini sangat baik sebagai nutrisi otak anak. Harganya 136ribuan per botol berisi 30 tablet. Harganya memang cukup mahal. Tapi, produk ini tak sekadar pelancar ASI, karena mengandung mineral dan vitamin penting.

6. Lactamam
Produk lainnya yang bermanfaat untuk membantu melancarkan ASI adalah Lactamam. Lactamam mengandung ekstrak biji fenugreek dan ekstrak daun katuk, yang merupakan bahan-bahan alami yang kerap digunakan sebagai pelancar ASI.

Untuk dosisnya adalah 3x sehari, dengan sekali minum 2-3 kapsul. Lactamom dapat menimbulkan efek samping seperti urin dan keringat berbau. Di samping itu, efek samping lainnya berupa feses lunak.

7. Nutribreast
Nutribreast mengandung DHA, EPA, dan ekstrak daun katuk. Nutribreast dikonsumsi sebagai suplemen untuk membantu menambah produksi ASI.

Demikian sejumlah contoh merk suplemen / obat pelancar ASI yang dijual di apotik. Beberapa diantaranya harus ditebus dengan resep dokter. Namun, untuk Anda yang mau mencoba suplemen pelancar ASI tanpa harus ke dokter terlebih dahulu, ada berbagai suplemen yang bisa dibeli tanpa harus dengan resep dokter.

Jika Anda memilih yang alami, mungkin yang mengandung daun katuk dan fenugreek bisa dicoba. Ada banyak suplemen daun katuk dan suplemen fenugreek di pasaran. Ada juga suplemen dengan kandugan keduanya, salah satunya ASI Booster Tea.

Incoming search terms:

  • obat pelancar asi di apotek
  • obat apotik melancarkan asi
  • vitamin pelancar asi yang di jual di apotik

Begini cara tahan lama berhubungan

Baru 5 menit udah keluar? Coba pakai cara ini!

Ternyata ini rahasia tahan lama berjam-jam