Adakah masa subur pria

Ketika sepasang suami istri merencanakan program kehamilan, mengetahui masa subur istri sangat penting demi keberhasilan program hamil. Dengan mengetahui kapan masa subur wanita, suami bisa melakukan hubungan seks dalam waktu yang tepat supaya terjadinya kehamilan. Tapi, bagaimana dengan pria? Adakah masa subur pria?

Berbicara masalah kehamilan, maka kita tidak bisa hanya membicarakan tentang wanita saja. Walau bagaimanapun, sperma pria lah yang membuahi sel telur wanita. Supaya bisa terjadi kehamilan, selain kondisi istri memungkinkan, kondisi sperma suami juga memungkinkan.

Begini cara tahan lama berhubungan SEX

Baru 5 menit udah keluar? Coba pakai cara ini!

Ternyata ini rahasia tahan lama SEX berjam-jam

Ada berbagai faktor kenapa kehamilan sulit terjadi. Salah satunya yaitu dari pihak suami. Selain karena adanya masalah kesehatan tertentu, masa subur pria ternyata juga berpengaruh. Dengan mengetahui kapan masa subur pria, hal ini merupakan pengetahuan penting bagi pasutri yang sedang menjalankan rencana program kehamilan.

Urusan kesuburan bukan cuma milik wanita, tapi juga pria. Tentu saja berbeda antara masa subur pria dan masa subur wanita. Seorang pria dianggap masih dalam masa subur apabila masih mampu menghasilkan sperma dalam jumlah cukup dan berkualitas.

Dengan begitu, untuk mengetahui masa subur pria, maka kita bisa nilai dari spermanya. Ada tiga hal yang menandakan subur tidaknya sperma seorang pria, yaitu kuantitas, struktur, dan pergerakan.

Kuantitas
Jumlah sperma yang dikeluarkan oleh pria ketika ejakulasi sangat mempengaruhi kemungkinan terjadinya pembuahan pasa pasangannya. Jumlah sperma dalam sekali ejakulasi normalnya sampai 15 juta sel sperma per mm. Apabila jumlahnya kurang dari itu, maka kemungkinan terjadinya kehamilan juga menurun.

Struktur
Berikutnya adalah struktur. Ternyata bentuk sperma juga mempengaruhi terjadinya kehamilan. Bentuk sperma yang normal terdiri dari kepala dengan bentuk oval dan memiliki ekor yang panjang. Bentuk sperma yang normal ini berguna untuk membantu meningkatkan potensi terjadinya kehamilan.

Pergerakan
Selain dari jumlah dan struktur sperma, normal atau tidaknya sperma juga bisa dinilai dari pergerakannya. Supaya bisa membuahi sel telur, sperma harus bisa bergerak gesit. Sperma tidak begitu saja masuk dan membuahi sel telur. Sperma harus berenang ke leher rahim, rahim, kemudian ke tuba, dan tentu saja harus dalam keadaan hidup. Paling tidak 40% sperma harus bisa bergerak dengan baik supaya meningkatkan terjadinya pembuahan (kehamilan).

Masa Subur Pria

Secara teori, pria tetap dianggap masih dalam masa subur selama kuantitas dan kualitas spermanya masih terjaga. Akan tetapi, ada beberapa hal yang mengganggu kesuburan pria, seperti berikut ini.

Usia
Memang banyak orang yang ingin punya momongan. Namun, dengan alasan tertentu, banyak juga yang menunda punya momongan. Padahal, seiring bertambahnya usia, kualitas sperma dan tingkat kesuburan pria akan menurun. Pada umumnya, masa subur pria semakin menurut ketika usia 40-an. Jadi, manfaatkan sebaik mungkin sebelum umur 40 jikan Anda ingin punya momongan, sehingga kemungkinan untuk membuahi sel telur pasangan lebih besar.

Suhu dan radiasi
Untuk menjaga kesuburan, suhu testis harus 1 atau 2 derajat Celcius lebih dingin daripada suhu badan. Oleh seba itu, tidak disarankan untuk mandi air hangat, berendam di dalam air hangat, dan memakai celana dalam yang terlampau ketat. Hal ini karena dapat membuat suhu di sekitar area testis meningkat sehingga produksi sperma pun jadi lebih lambat. Selain itu, bahan kimia dan paparan radiasi juga bisa merusak kesuburan pra, seperti glikol ester. Ini merupakan bahan yang biasa dijumpai pada cat.

Terkena penyakit menular seksual
Hal lainnya yang berpengaruh terhadap kesuburan pria adalah penyakit menular seksual (PMS). Adapun penyakit yang dimaksud adalah gonore dan klamidia, yang dapat menghambat proses pembuahan. Penyakit klamidia dapat menyebabkan skrotum membengkak dan sakit.

Demikian informasi tentang masa subur pria. Ternyata tak cuma wanita, pria juga memiliki masa subur. Hal ini perlu diperhatikan supaya meningkatkan terjadinya kehamilan pada istri. Untuk itu, penting bagi pria untuk meningkatkan kualitas sperma.

referensi: http://www.alodokter.com/kapan-sebenarnya-masa-subur-pria

Incoming search terms:

  • apahka akan keluar atau tidak sperma jika minum pil urat madu

Begini cara tahan lama berhubungan SEX

Baru 5 menit udah keluar? Coba pakai cara ini!

Ternyata ini rahasia tahan lama SEX berjam-jam